Destinasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Destinasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Mendaki alam – Wisata Gunung Tangkuban Perahu merupakan destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia, hal tersebut karena adanya dongeng menarik didalamnya. Hampir seluruh rakyat di Indonesia mengetahui kisah Sangkuriang dan ibunya Dayang Sumbi.

Tangkuban Perahu merupakan gunung yang memiliki ketinggian 2.084 mdpl dan salah satu tempat wisata favorit di Lembang yang dimiliki oleh Kabupaten Bandung. Wisata gunung ini berada di provinsi Jawa Barat berjarak 20 KM dari utara kota Bandung.

Bentuk dari salah satu gunung legenda Indonesia mirip Stratovulcano yang memiliki pusat erupsi yang senantiasa berpindah-pindah dari timur ke arah barat. Ketika gunung meletus, batu batu hasil letusan kebanyakan berupa lava, sulfur Belerang dan mineral. namun jika gunung sedang tidak aktif maka yang dikeluarkan hanya uap belerang. Keberadaan gunung Tangkuban Perahu Bandung menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar, sebab semakin banyak wisata pemandian air panas bermunculan seperti curug Cipanas Nagrak Kancah Bandung yang mengambil sumber mata air dari gunung aktif Bandung ini.

Hingga sekarang Gunung Tangkuban perahu Bandung statusnya gunung berapi aktif yang status nya selalu di awasi oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawah gunung juga masih memberikan sinyal-sinyal gunung aktif. Tanda gunung ini masih aktif terlihat muncul nya gas belerang serta sumber-sumber air api yang berada di kaki gunung, seperti di kawasan Ciater, Subang.

Para ahli geologi telah meyakini bahwa kawasan dataran tinggi Bandung yang memiliki ketinggian mencapai 709 meter dari permukaan laut merupakan sisa sisa dari danau besar yang terbentuk akibat pembangunan Ci Terum, disebabkan oleh letusan gunung merapi purba yang sering dikenal gunung Sunda dan gunung Tangkubanperahu Bandung, hingga sekarang masih ada sisa-sisa dari gunung Sunda Purba yang masih aktif.

Kejadian langkah seperti itu juga bisa teman-teman temui di gunung Krakatau yang berada di selat Sunda dan kawasan Ngorongoro berada di Tazania, Afrika. Hingga sekarang legenda Sangkuriang yang merupakan cerita legenda Tangkuban Perahu menjadi dokumentasi dari masyarakat sekitar yang hidup di kawasan Wisata, diadopsi dari berbagai peristiwa pada jaman dulu.