Gunung Cikuray dan Misterinya Yang Angker

Gunung Cikuray dan Misterinya Yang Angker

Mendaki alam – Gunung Cikuray merupakan salah satu gunung dari tiga gunung yang sangat terkenal di kabupaten Garut, yakni Paguci (Papandayan, Guntur dan Cikuray). Gunung ini terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan ketinggian 2.821 mdpl.

Menurut beberapa naskah kuno, gunung Cikuray dahulunya adalah gerbang menuju kerajaan Sunda, Padjadjaran. Pada abad 17, lereng gunung Cikuray merupakan tempat pemukiman para pendeta dan menjadi pusat pembelajaran berbagai macam ilmu, sehingga tempat itu menghasilkan begitu banyak naskah-naskah kuno yang menjadi objek penelitian para ahli sejarah. Naskah-naskah tersebut bisa kamu temukan di Kabuyutan, Ciburuy Garut.

Gunung Cikuray dikenal sebagai lokasi angker dan oleh sebagian orang dianggap keramat, serta banyak peristiwa aneh yang tak masuk akal secara ilmiah

Pada tahun 2009, hilangnya pendaki perempuan asal Tangerang yang bernama Reny Komalasari di gunung Cikuray. Hal yang membuatnya begitu misterius adalah kenyataan yang mengatakan bahwa jasad Reny tidak pernah ditemukan hingga saat ini.

Banyak kabar kasak-kusuk yang beredar tentang hal ini, salah satunya adalah cerita dari tukang ojeg setempat yang pernah saya tanyai. Dia berpendapat, bahwa Reny hilang karena melakukan hubungan badan di atas gunung Cikuray. Kejelasannya?, entahlah.

Hingga saat ini, banyak orang yang mengaitkan Reny dengan sosok perempuan yang berwajah gelap dan berbaju putih yang sering menampakan dirinya di hadapan sebagian pendaki gunung Cikuray.

Tips pendakian gunung Cikuray

  • Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan.
  • Latihan fisik seminggu sebelum hari H.
  • Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak tapi jangan lupa dibawa pulang dan bawa pulang sampah.
  • Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang usahakan harus sudah pernah naik gunung).
  • Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung.
  • Untuk pendakian Cikuray kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7.
  • Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung.
  • Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain. Lebih bagusnya pendakian dibatalkan dan turun ke basecamp.