Gunung Prau Dieng Tampilkan View Sunrise Yang Indah

Gunung Prau Dieng Tampilkan View Sunrise Yang Indah

Mendaki alam – Gunung Prau Dieng merupakan gunung yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah menjadi destinasi favorit para pendaki sejak tahun 2014. Gunung Prahu terletak pada koordinat 7°11′13″LU 109°55′22″BT sekaligus tapal batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 MDPL, dan titik awal pendakian berada pada ketinggian 1.700 MDPL. Gunung Prau juga di klaim sebagai Gunung di Asia Tenggara yang memiliki view terbaik untuk melihat sunrise. Tidak heran jika setiap musim kemarau datang, para Traveller dari pelosok negeri selalu berdatangan. Dan tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk nge-camp, karena penasaran dengan keindahan sunrise yang dihadirkan.

Selain keindahan pesona sunrise, para pendaki juga dapat menikmati pemandangan lain yang juga tidak kalah mempesona seperti hamparan dataran tinggi Dieng, Padang bunga Daisy, Telaga Warna, Perkebunan, hutan, dan juga pucuk pucuk pegunungan yang ada di pulau Jawa seperti gunung Merapi, Slamet, Sumbing, Sindoro, Merbabu dll.

Jalur Pendakian Menuju Gunung Prau Dieng

Gunung Prau Dieng Tampilkan View Sunrise Yang Indah

Saat yang paling tepat untuk mengunjungi Gunung Prau Dieng adalah pada saat musim kemarau. Dan sebaiknya apabila berencana ingin mendaki pada saat hujan, lebih baik di urungkan terlebih dahulu.

Apabila datang pada saat cuaca berawan /mendung, view yang dapat dilihat pun juga akan tidak maksimal, karena panorama hamparan pegunungan yang luas tertutup oleh awan yang tebal.

Pada saat hujan, Jalur pendakian menuju puncak sangatlah becek. Dan hal ini selain membuat suasana pendakian tidak nyaman juga dapat membahayakan keselamatan.

Untuk menuju puncak Gunung Prau Dieng, ada 2 jalur alternatif yang dapat ditempuh. Yaitu melalui jalur utara dan jalur selatan.

Dilihat juga : Misteri dan Keindahan Gunung Kerinci Yang Fenomenal

Jalur Selatan: Jalur selatan adalah jalur yang melintasi Dataran tinggi Dieng (Desa Patak Banteng). Jalur ini sangat direkomendasikan apabila pendaki yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu, karena jarak tempuh melalui jalur selatan hanyalah 2 hingga 3 jam perjalanan.

Jalur Utara: Jalur utara ditempuh melalui Kab. Kendal. Bisa berangkat dari Desa Genting Gunung, Desa Kenjuran, maupun Desa Balong yang berada di Kec. Sukoreja. Jarak tempuh Jalur utara ini lebih lama, kurang lebih memakan waktu 6 jam perjalanan.

Jika ingin menikmati sunrise, sebaiknya berangkat sekitar pada pukul 01.00 WIB dan sampai dipuncak Gunung Prau sekitar pukul 04.00 WIB.

Jika ingin menikmati sunset, sebaiknya berangkat sekitar pada pukul 14.00 WIB dan sampai di puncak Gunung Prau sekitar pukul 17.00 WIB.