Gunung Sinabung | Gunung Berapi Aktif di Sumatra

Gunung Sinabung | Gunung Berapi Aktif di Sumatra

Mendaki alam – Gunung Sinabung merupakan gunung api di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Indonesia. Gunung ini merupakan gunung yang berada dekat dengan gunung sibayak dan menjadi gunung tertinggi kedua di provinsi Sumatra Utara.

Gunung ini tidak pernah tercatat meletus sejak tahun 1.600 namun mendadak aktif kembali dengan letusan di tahun 2010. Letusan gunung berapi ini terus berlanjut sejak 19 Februari 2018 hingga saat ini.

Sejak terjadi letusan pertama pada Agustus 2010, perhatian semua pihak fokus pada aktivitas Gunung Sinabung. Salah satunya adalah PVMBG sebagai sebuah lembaga pemerintah yang memiliki sebagian fungsinya untuk melakukan pemantauan gunung api di Indonesia.

Melihat fenomena letusan Gunung Sinabung yang fluktuatif, tentu ada sesuatu yang terjadi di dalam tubuhnya. Setiap gunung api tersusun dari material vulkanik yang tersimpan dan terakumulasi. Untuk kasus Gunung Sinabung, proses akumulasi material vulkanik terus berlangsung dalam kurun waktu lebih dari 400 tahun. Jangka waktu yang tidak singkat tentunya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi sebagai lembaga yang berwenang memberikan tiga kategori pada 127 gunung api yang ada di Indonesia, yaitu (1) tipe A dengan kriteria pernah terjadi erupsi magmatik setelah tahun 1600, (2) tipe B dengan kriteria erupsi magmatik sebelum tahun 1600, dan (3) tipe C dengan kriteria hanya terjadi aktivitas fumarol, yaitu gunung api tua yang memiliki lubang yang mengeluarkan uap/gas seperti karbon dioksida, sulfur dioksida, asam hidrolik dan hidrogen sulfida.

Berdasarkan hasil penelitian ini, aktivitas Gunung Sinabung masih akan terus terjadi secara fluktuatif pada tahun-tahun mendatang dan belum bisa dipastikan kapan akan berhenti.

Untuk kebutuhan mitigasi dan pengurangan risiko bencana, penelitian yang terpadu dan berkelanjutan merupakan hal penting dilakukan untuk memahami kandungan dan dinamika yang terjadi dalam tubung Gunung Sinabung.