Gunung Slamet – Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Gunung Slamet - Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Mendaki alam – Gunung Slamet merupakan sebuah gunung berapi kerucut yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini terletak di antara 5 kabupaten yakni Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dan merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.432 mdpl (11.247 kaki) setelah gunung Semeru. Pada masa penjelajahan dunia yang pertama Sir Frances Drake, seorang pelaut Inggris pada tahun 1580, ketika itu melihat Gunung Slamet dan segera mengarahkan perahunya dan berlabuh di Cilacap.

Gunung Slamet termasuk gunung berapi aktif dengan jalur pendakian yang cukup sulit. Namun gunung ini merupakan salah satu destinasi pendakian yang cukup populer di kalangan para pendaki.

Gunung Slamet - Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Gunung Slamet memiliki karakter jalur pendakian yang sulit dan kering, tapi semua akan terbayar karena gunung Slamet pemandangannya yang indah saat tiba dipuncak kita akan disuguhkan pemandangan lautan awan yang indah.

Tidak hanya pemandangan puncak Gunung Slamet yang indah, Gunung Slamet masih mempunyai keanekaragaman hayati yang bagus, dengan pohon-pohon besarnya yang didominasi oleh pohon damar serta berbagai jenis satwa liar yang masih dapat bertahan.

Gunung ini dapat didaki dengan 3 jalur pendakian, jalur pendakian sebelah Barat berada di Kaliwadas, jalur pendakian sebelah selatan di Batu Raden dan lewat jalur sebelah timur di Bambangan.

Dari ketiga jalur tersebut, jalur terdekat ialah dengan melewati jalur Bambangan. Selain pemandangannya yang indah juga terdapat banyak kera liar yang dapat ditemui dalam perjalanan menuju puncak gunung Slamet.