Gunung Sumbing – Gunung Tertinggi Kedua Jawa Tengah

Gunung Sumbing - Gunung Tertinggi Kedua Jawa Tengah

Mendaki alam – Gunung Sumbing merupakan gunung api yang terdapat di Jawa tengah yang menjadi gunung tertinggi kedua setelah gunung Slamet dengan ketinggian 3.371 mdpl. Gunung ini masih aktif hingga saat ini dan terakhir meletus pada tahun 1730 silam.

Gunung Sumbing berada persis di sebelah Gunung Sindoro yang dikenal dengan sebutan Gunung Kembar dan secara administratif gunung ini terletak di 3 wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Sumbing dapat didaki lewat 4 jalur pendakian diantaranya seperti via Garung (Wonosobo), Cepit Parakan (Temanggung), dan Bowongso (Wonosobo).

Gunung Sumbing - Gunung Tertinggi Kedua Jawa Tengah

Diantara jalur-jalur tersebut, jalur Garung merupakan jalur paling populer dan terkenal diantara kalangan pendaki.

Gunung Sumbing terkenal dengan jalurnya yang cukup berat namun memiliki pemandangan yang indah, bahkan ketika kita sampai di puncaknya kita bisa melihat hampir seluruh gunung di Jawa Tengah mulai dari gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Prau, Slamet, Lawu, Ungaran, Telomoyo hingga Andong.

Jika kamu merupakan pendaki yang baru di Gunung Sumbing, disarankan untuk melalui jalur Garung karena lokasinya yang mudah dijangkau dan cukup populer, jadi kamu akan menemukan banyak barengan.

Gunung Sumbing sendiri memiliki 2 puncak, yaitu Puncak Buntu (3362 Mdpl), dan Puncak Sejati (3371 Mdpl), biasanya para pendaki hanya sampai di Puncak Buntu karena lebih mudah, namun jika kamu ingin sampai di Puncak Sejati juga tidak masalah.

Tips Mendaki Gunung Sumbing via Garung :

  • Hanya terdapat satu sumber air saja yaitu di dekat Pos 1, dari Pos 1 kita masih harus berjalan sekitar 100 meter untuk sampai di sumber air, lokasinya berada di belakang Pos ojek, namun terkadang saat musim kemarau sumber air ini kering.
  • Bawa perbekalan air yang cukup karena sumber air hanya terdapat di Pos 1 dan terkadang juga kering, minimal 1 orang membawa 3 botol ukuran 1,5 liter.
  • Jalur Gunung Sumbing via Garung terbilang cukup sulit karena menanjak terus, jadi persiapkan fisikmu terlebih dahulu sebelum mulai mendaki.
  • Lebih disarankan untuk naik ojek dari Basecamp ke Pos 1 untuk menghemat waktu dan tenaga, karena jika kita berjalan kaki membutuhkan waktu sekitar 2 jam.
  • Biasanya pendaki mendirikan tenda terakhir sebelum summit di Pestan dan bawahnya, tapi lebih direkomendasikan di bawah Pestan karena banyak pepohonan, jika kamu mendirikan di Pestan cukup rawan terkena badai sebab tidak ada pepohonan yang menghalangi.
  • Dari Pestan menuju Puncak masih membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan jalur menanjak, pastikan kamu tidak telat untuk melakukan summit ya.
  • Jika kamu ingin melihat sunrise, kamu harus bisa sampai puncak terlebih dahulu, sebab sunrise di jalur Garung ini hanya bisa dilihat di puncak.