Informasi & Tips Hiking Gunung Argopuro yang Menantang

gunung argopuro 2

Gunung Argopura adalah gunung yang sangat dikenal di kalangan pencinta kegiatan hiking baik dalam negeri maupun mancanegara. Karena melakukan pendakian terhadap gunung ini merupakan salah satu tantangan yang cukup berat. Ya, gunung argopura memang sudah dinobatkan sebagai gunung dengan jalur pendakian terpanjang diantara gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa. Gunung Argopuro ini terletak di provinsi Jawa Timur, lebih tepatnya di perbatasan Kabupaten Situbondo, Probolinggo, dan Bondowoso.

Gunung Argopuro memiliki ketinggian 3.088 meter diatas permukaan laut. Walaupun tingginya masih kalah dengan Gunung Merbabu yang disebut-sebut sebagai gunung terindah di Jawa Tengah, namun untuk bisa sampai puncak Argopuro membutuhkan waktu beberapa hari karena memiliki trek terpanjang di Pulau Jawa. Tapi hati-hati ya guys karena gunung satu ini juga terkenal cukup angker. Gunung Argopuro masih termasuk dalam deretan pegunungan Iyang dan dalam pengawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam wilayah Jember.

gunung argopuro 1

Walaupun begitu, Gunung Argopuro menyimpan pemandangan yang tak kalah indah dengan gunung Semeru, Merbabu, dan Prau. Secara umum, Gunung Argopuro memiliki dua jalur terpopuler, yaitu Jalur Bremi di Probolinggo dan Jalur Baderan di Situbondo. Gunung ini memiliki tiga puncak, yaitu Puncak Rengganis, Puncak Arca, dan Puncak Argopuro yang merupakan puncak tertinggi. Untuk mendaki hingga ke puncak gunung argopuro ini setidaknya anda membutuhkan waktu sekitar 3-6 hari.

Pendakian Gunung Argopuro via Bremi (Probolinggo)

gunung argopuro

Gunung Argopuro tidak memiliki basecamp, jadi untuk memulai pendakian kita harus lapor di Polsek setempat, nah untuk menuju ke Jalur Bremi dari Jakarta kamu bisa naik bus dan turun di terminal Probolinggo kemudian dilanjutkan lagi naik bus Akas kecil jurusan ke Bremi dan turun di Polsek Krucil.

Apabila kamu menggunakan kereta, bisa turun di Stasiun Malang lalu melanjutkan perjalanan dengan naik kereta lagi dari Stasiun Malang ke Stasiun Probolinggo atau bus menuju Terminal Probolinggo. Dari stasiun/terminal Probolinggo lanjut naik bus ke Bremi.

Rute Pendakian Gunung Argopuro via Bremi (Perkiraan Waktu 14 jam 30 menit)

  • Polsek Krucil – Danau Taman Hidup (kurang lebih 4 jam)
  • Danau Taman Hidup – Hutan Lumut (kurang lebih 30 menit)
  • Hutan Lumut – Cemara Lima (kurang lebih 2 jam)
  • Cemara Lima – Angkene (kurang lebih 3 jam)
  • Angkene – Cisentor (kurang lebih 2 jam)
  • Cisentor – Rawa Embik (kurang lebih 2 jam)
  • Rawa Embik – Puncak Argopuro (kurang lebih 1 jam)

Info Mengenai Jalur Pendakian Argopuro via Bremi

  • Spot foto terbaik di jalur Bremi adalah di Danau Taman Hidup.
  • Terdapat banyak sumber air di jalur Bremi seperti di Danau Taman Hidup dan aliran sungai diantara jalur Danau Taman Hidup menuju Hutan Lumut.
  • Untuk lokasi camp bisa di Danau Taman Hidup, Cemara Lima, Rawa Embik, dan Cisentor.

Pendakian Gunung Argopuro via Baderan (Situbondo)

gunung argopuro 3

Sama halnya dengan jalur Bremi, kita juga harus melapor di Polsek Setempat, yaitu di Polsek Sumber Malang yang terletak di Desa Baderan, Kecamatan Sumber Malang, Kabupaten Situbondo, nah, untuk akses menuju basecamp bisa mengikuti rute dibawah ini.

Apabila kamu menggunakan bus dari Jakarta bisa turun di terminal Probolinggo kemudian dilanjutkan naik bus Akas kecil jurusan ke Besuki. Lalu dilanjutkan lagi menuju Desa Baderan menggunakan angkot hingga sampai di Polsek Sumber Malang.

Sedangkan bagi yang menggunakan kereta bisa turun di Stasiun Malang, dilanjutkan naik kereta dari Stasiun Malang menuju Stasiun Probolinggo atau bisa juga naik bus menuju Terminal Probolinggo. Dari stasiun/terminal Probolinggo dilanjutkan lagi menggunakan bus menuju Besuki hingga Desa Baderan.

Rute Pendakian Gunung Argopuro via Baderan (Perkiraan Waktu 13 jam)

  • Resort Perhutani – Pintu masuk hutan/Makadam (kurang lebih 4 jam)
  • Pintu masuk/Makadam – Mata Air I KM 4,2 (kurang lebih 2 jam)
  • Mata Air I – Mata Air II (kurang lebih 2 jam)
  • Mata Air II – Cikasur (kurang lebih 1 jam)
  • Cikasur – Cisentor (kurang lebih 1 jam)
  • Cisentor – Rawa Embik (kurang lebih 2 jam)
  • Rawa Embik – Puncak (kurang lebih 1 jam)

Info Mengenai Jalur Pendakian Argopuro via Baderan

  • Spot foto favorit di jalur Baderan adalah di sabana Cikasur.
  • Lokasi camp bisa di pos Mata Air, Cikasur, Cisentor dan Rawa Embik.
  • Terdapat banyak sumber air, jadi tidak perlu kawatir.

Info dan Tips Tambahan Mengenai Gunung Argopuro

  1. Siapkan fisikmu terlebih dahulu sebelum mendaki di Gunung Argopuro sebab gunung ini memiliki jalur pendakian terpanjang di Jawa.
  2. Dari kedua jalur tersebut, jalur Baderan merupakan yang paling favorit, selain itu juga lebih cepat karena terdapat jalur trabasan.
  3. Biasanya pendaki naik dan turun di jalur berbeda, misal naik via Bremi turun akan melalui Baderan, begitupun sebaliknya.
  4. Pastikan logistik pendakianmu mencukupi ya.
  5. Tak jarang masih sering ditemui jejak babi hutan dan macan di dekat jalur pendakian, jadi kamu tetap harus hati-hati.
  6. Gunung Argopuro tidak memiliki basecamp resmi, basecamp ini digantikan oleh Polsek setempat, jadi sebelum mendaki kita harus melapor di Polsek setempat terlebih dahulu.

Nah, begitulah seputar-seputar informasi dan tips tentang pendakian di gunung Argopuro. Pastikan anda memenuhi seluruh persiapan sebelum memulai hiking di gunung di Jawa Timur ini ya guys. Karena anda membutuhkan persiapan yang sangat matang sebelum memulai pendakian di gunung dengan jalur terpanjang di Pulau Jawa ini.