Jalur Pendakian Gunung Tambora di Sumbawa

Jalur Pendakian Gunung Tambora di Sumbawa

Mendaki alam – Gunung Tambora merupakan salah satu gunung yang meninggalkan jejak bersejarah untuk Indonesia. Gunung Tambora terletak di Pulau Sumbawa ini pernah mengeluarkan leturan besar dan dahsyat pada tahun 1815.

Gunung Tambora berbatasan dengan beberapa kawasan seperti Kabupaten Dompu (sisi selatan), kabupaten Bima ( barat laut), dan Nusa Tenggara Barat. Gunung Tambora terletak di ketinggian 4.301 mdpl. Efek letusan gunung Tambora bahkan tidak hanya terjadi untuk Indonesia terutama masyarakat yang ada di sekitar gunung Tambora, tapi jika sampai ke Amerika dan Eropa terutama perubahan cuaca. Hasil dari letusan gunung Tambora adalah sebuah kawah kering yang terletak di ketinggian sekitar 2850 mdpl.

Jalur Pendakian Gunung Tambora

  • Jalur pendakian gunung tambora dimulai dari desa Pancasila menuju desa Tambora. Setelah itu pendaki bisa mengikuti jalur pipa air yang akan membawa perjalanan ke pos 1. Butuh waktu sekitar 3 jam.
  • Setelah itu harus mendaki dan berjalan lagi menuju pos 2 yang terletak di ketinggian 1300 mdpl dengan waktu sekitar 2.5 jam. Di tempat ini cukup datar sehinga pendaki bisa mendirikan tenda.
  • Setelah itu bisa masuk perjalanan ke pos 3 dengan kondisi pendakian yang terjal dan curam. Kawasan ini berisi hutan lebat dengan cemara dan ilalang sebagai tanaman utama. Jika lelah maka bisa mendirikan tenda di pos ini.
  • Menuju pos 4 maka membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 2.5 jam dengan ketinggian sekitar 1850 mdpl. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi tanaman Jelatang yang bisa menyebabkan panas dan sakit pada kulit.
  • Menuju pos 5 waktu yang dibutuhkan kira-kira 1 jam saja. Pada daerah ini tanaman cemara menjadi pemandangan yang sangat indah. Anda bisa mendirikan tenda dan dari kawasan ini puncak Gunung Rinjani juga bisa terlihat. Selain itu pemandangan matahari terbenam akan menjadi pemandangan yang indah.
  • Untuk menuju puncak Tambora butuh waktu sekitar 1.5-2 jam dari pos terakhir. Medan pendakian berisi batu dan pasir yang menjadi sejarah bahwa gunung ini pernah meletus. Bagian puncak Tambora ditandai dengan dengan tiang bendera. Pemandangan pada kawasan ini adalah bunga edelweis yang sangat indah.