Kegiatan Menyenangkan di Gunung Artapela

Kegiatan Menyenangkan di Gunung Artapela

Mendaki alam – Eksotisme pemandangan alam dengan hamparan hijau rerumputan dan pepohonan yang berselimut kabut menjadi daya tarik utama bagi para pendaki yang berpetualang di gunung yang sudah tidak aktif ini. Terlebih pada saat matahari sedang terbit atau akan tenggelam, sunrise dan sunset yang disuguhkan keindahannya sulit untuk dilukiskan dengan kata-kata.

Di puncak gunung yang memiliki ketinggian 2.194 meter dpl ini juga dapat dijumpai padang rumput dan ilalang seluas 40 hektar yang menyajikan pemandangan khas dan tidak dijumpai di tempat lain. Tidak hanya itu, tepat di bawah puncak Artapela Pengalengan, pendaki juga dapat menjumpai danau alam yang menawan yang dikenal dengan nama Danau Aul.

Artapela sendiri saat ini tercatat sebagai sebuah gunung tropis yang sudah dinyatakan tidak aktif lagi, berbeda dengan beberapa gunung yang ada di sekitarnya, seperti Gunung Wayang dan juga Gunung Windu.

Berikut ini beberapa hal menyenangkan yang bisa anda dapatkan di gunung artapela :

1. Tempat Menikmati Sunrise dan Sunset di Bandung

daya tarik utama tempat wisata alam gunung artapela di Bandung selatan ini adalah, jika anda berada di waktu pagi dan sore hari di sini, maka anda bisa dalam satu lokasi menikmati moment indah saat matahati terbit dan tenggelam.

Eksotisme pemandangan alam nan menghampar hijau, dengan hiasan kabut yang seperti tidak mau pergi di sekitar gunung, dijamin akan menyedapkan bagi siapa pun yang memandang dan menikmatinya.

Tempat ini tidak kalah, ketika anda menikmati sensasi menikmati sunset dan sunrise di Gunung Batu Lembang, dan akan membuat anda betah tinggal berlama-lama di sana.

2.Tempat Wisata Danau di Bandung

daya tarik selanjutnya dari Gunung Artapela ini adalah, pengunjung dapat menikmati sebuah danau alam yang tepat berada di bawah Puncak Artapela Pangalengan ini.

Danau ini memang lokasinya di sebuah gunung yang memiliki dataran puncak yang luas dan patahan ( cot) yang terbelah, dan di bawahnya terdapat sebuah danau alam di bandung yang terkenal dengan legenda dan misterinya, Danau Aul namanya.

3.Puncak Sulibra Artapela

Ciri khas dari Gunung Artapela ini adalah di sini terdapat kawasan dataran yang ditumbuhi semak dan ilalang yang menghampar hijau seluas 40 hektar, dan menciptakan sensasi wisata yang sangat khas.

Di sekitar kawasan yang masuk ke dalam kawasan Hutan Lindung di bawah pengawasan Perhutani ini ada 2 tempat yang populer dengan nama kawasan Datar Anjing dan juga Puncak Sulibra.

4.Tempat Trekking

Anda sedang mencari Tempat Wisata Yang Sangat Menarik di Bandung dan bagus serta sangat menantang untuk melakukan wisata alam dengan cara trekking atau mendaki, maka inilah salah lokasi terbaiknya.

Bagi anda yang sudah menjajal asyik dan serunya melakukan trekking seperti menyusuri kawasan Hutan Raya Ir.H.Djuanda Dago Pakar, kemudian Geo Culture Trek di Lembang, maka artapela adalah salah satu rekomendasi terbaru tempat wisata yang wajib di kunjungi selanjutnya.

5.Tempat Camping di Bandung

Jika anda sedang membutuhkan Tempat Camping di Bandung yang sangat luas, indah pemandangannya serta masih sangat alami dan udaranya segar serta sangat sejuk maka datanglah ke kawasan Camping Gunung Artapela.

Kawasan Camping di gunung ini, saat ini sangat populer dan banyak dijadikan lokasi favorit untuk menghabiskan malam di sini sambil berkamping bagi wisatawan yang biasanya kawula muda/remaja.

Tempat wisata ini meskipun belum disediakan fasilitas yang lengkap seperti model camping di Glamping Bandung Eagle Camp di Dusun Bambu Lembang, Terminal Wisata Grafika Cikole, Trizara Resort Lembang, Pine Forest Camp, Ciwangun Indah Camp dan yang lainnya, namun tetap asyik dan sangat alami.

Secara umum Gunung Artapela adalah salah satu lokasi terbaik bagi anda warga perkotaan seperti jakarta yang sedang mencari tempat yang tenang dan lokasi yang bagus untuk refresing di bandung.

Untuk bisa datang ke Artapela, Wargi Bandung bisa melalui Buah Batu, Dayeuhkolot atau Majalaya yang tujuannya ke Ciparay. Lalu lanjut melalui Pacet menuju ke Desa Sukapura Kec. Kertasari untuk mencapai pos pendakian di Madrasah Nashrul Huda. Dengan biaya masuk Rp. 5.000,-/orang, parkir motor Rp. 5.000,- permotor/malam, dan mobil Rp.15.000,- permobil/malam.