Pendakian Gunung Argopuro di Jawa Timur

Pendakian Gunung Argopuro di Jawa Timur

Mendaki alam – Gunung Argopuro merupakan gunung yang terletak di Jawa Timur dan memiliki ketinggian 3.088 mdpl serta menjadi favorit para pendaki gunung. Gunung ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan panjangnya jalur perjalanan yang harus ditempuh hingga ke puncak cukup menantang.

Keindahan alam Gunung Argopuro yang masih terjaga menjadi daya tarik utama bagi banyak pendaki. Banyak hal-hal menarik yang akan ditemui pendaki selama pendakian menuju puncak Gunung Argopuro. Berikut beberapa keistimewaannya yang akan membuat kamu terpesona:

Gunung Argopuro memiliki tiga puncak bernama Puncak Arca, Puncak Argopuro, dan Puncak Rengganis. Ketiga puncak ini terletak di lokasi berbeda, begitu juga ciri khas yang dimilikinya. Di antara ketiga puncak tersebut, hanya Puncak Rengganis yang menawarkan pemandangan terindah.

Puncak Rengganis berada di area terbuka. Dari Puncak Rengganis, kamu bisa melihat bentangan awan dan keindahan Padang Cikasur. Tak hanya itu, Puncak Rengganis juga memiliki kawah yang aktif mengeluarkan asap belerang.

Daya tarik utama dari Puncak Rengganis adalah adanya sisa-sisa situs purbakala yang rusak. Puncak ini diyakini sebagai tempat bersemadi Dewi Rengganis, seorang putri dari Kerajaan Majapahit.

Dalam perjalanan menuju puncak gunung Argopuro, anda akan melihat Danau Taman Hidup yang merupakan salah satu keistimewaan dari gunung Argopuro. Danau ini terletak di lembah yang dikelilingi hutan lebat dan perbukitan.

Untuk perjalanan menuju Argopuro, anda dapat melalui 2 jalur pendakian yakni di Bremi dan Baderan. Diantara 2 jalur tersebut, Jalur Baderanlah yang lebih banyak dipilih pendaki untuk sampai kepuncak. Hal ini karena trek dari Baderan lebih landai meskipun panjang. Selain itu melalui Baderan kamu juga akan lebih sering bertemu sumber air untuk logistik para pendaki.

Fasilitas dan akomodasi di Gunung Argopuro

Base camp Gunung Argopuro telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Base camp tersebut dijadikan tempat pendaftaran pendakian, sekaligus tempat beristirahat bagi pendaki sebelum memulai pendakian. Di sini, tak ada penginapan berupa hostel atau hotel, kecuali rumah warga yang disewakan bagi pendaki.

Harga tiket masuk dan jam operasional

Bagi yang ingin mendaki Gunung Argopuro, kamu harus membayar bea masuk Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Hyang. Pendaki lokal dikenakan biaya Rp20.000 per orang (Senin – Jumat) dan Rp30.000 per orang (Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional). Sementara untuk pendaki mancanegara, harga tiket yang dikenakan adalah Rp 250.000 per orang (Senin – Jumat) dan Rp375.000 per orang (Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional).