Pendakian Gunung Kerinci di Jambi

Pendakian Gunung Kerinci di Jambi

Mendaki alam – Gunung Kerinci memang sangat terkenal dan seringdijadikan objek pendakian bagi para pecinta gunung. Gunung yang terletak di Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi ini berketinggian sekitar 3.805 mdpl. Pemerintah telah menetapkan bahwa Gunung Kerinci masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat. Jika Anda berkunjung ke Jambi maka singgah juga ke wisata di Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Bagi Anda yang ingin mendaki Gunung Kerinci, anda dapat menggunakan jalur pendakian dari Kersik Tuo (Kayu Aro). Ini termasuk jalur yang sangat umum baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Jalur pendakian secara berurutan dengan melewati Pintu Rimba, Simpang Macan yang terletak di ketinggian 1800 mdpl. Berikut ini rute yang harus dilewati setelah sampai di Pintu Rimba.

Pos 1 : waktu tempuh sekitar 25 menit dengan jalur yang cukup landai.
Pos 2 : waktu tempuh sekitar 30 menit dengan jalur yang landai dengan ketinggian 2000 mdpl. Anda bisa menemukan sungai yang bersih dan segar. Jika perlu ambil air minum dari sungai ini.
Pos 3 : waktu tempuh sekitar 50 menit dengan ketinggian sekitar 2250 mdpl. Jalur pendakian sedikit curam.
Shelter 1 : waktu tempuh sekitar 2 jam dengan jalur yang terjal. Anda harus melewati hutan tropis yang basah dengan ketinggian sekitar 2500 mdpl. Jika Anda lelah maka bisa mendirikan tenda di tempat ini.
Shelter 2 : waktu tempuh sekitar 3-4 jam dengan jalur yang lebih banyak menanjak. Anda bisa menemukan mata air yang segar dan bersih di jalur ini.
Shelter 3 : waktu tempuh sekitar 2 jam dengan jalur menanjak dan jalan cukup licin. Jalur ini berada di ketinggian 3200 mdpl. Pemandangan di tempat ini sangat indah yaitu kawasan Danau Gunung Tujuh . Anda bisa mendirikan tenda di tempat ini untuk memulihkan tenaga.
Puncak Gunung Kerinci: waktu tempuh sekitar 3 jam. Jalur ini berada di ketinggian 3805 mdpl dengan kawasan jalan penuh batu dan pasir. Sebelum mencapai puncak maka biasanya semua pendaki akan melakukan penghormatan di tugu Yudha. Tugu ini didirikan untuk menghormati seorang pendaki yang hilang dan tidak pernah di temukan yaitu Yudha Sentika. Sesampai di puncak maka Anda bisa menikmati kawah yang sangat indah.