Pendakian Gunung Latimojong di Sulawesi

Pendakian Gunung Latimojong di Sulawesi

Mendaki alam – Pegunungan Latimojong merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Enrekang dan merupakan bagian dari tujuh puncak tertinggi di Indonesia (Seven Summits of Indonesia). Pegunungan Latimojong adalah titik tertinggi di Pulau Sulawesi.

Gunung Latimojong bukan merupakan gunung berapi seperti gunung-gunung lain yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Wilayah dari Pegunungan Latimojong dipenuhi oleh hutan tipe Montana, dengan karakteristik hutan yang ditumbuh di wilayah dengan ketinggian 2.000-3.000 mdpl.

Pegunungan Latimojong diketahui memiliki tujuh puncak dan masing-masing puncak mempunyai namanya sendiri. Buntu Rante Mario sebagai titik tertinggi di Pulau Sulawesi, diikuti oleh Buntu Nenemori sebagai titik tertinggi kedua, dan puncak-puncak lainnya yaitu Buntu Sinaji, Buntu Sikolong, Buntu Rante Kambola, Buntu Bajaja, dan Buntu Latimojong. Di Desa Karangan yang merupakan titik awal pendakian terdapat sebuah sungai berair jernih yang cukup besar bernama Salu Karangan. Di desa ini juga, para pendaki yang membutuhkan jasa porter dapat meminta jasa penduduk setempat.

Terdapat tujuh pos peristirahatan yang bisa digunakan para pendaki untuk beristirahat atau mendirikan tenda sebelum mencapai Puncak Rante Mario. Setelah melewati pos tujuh, vegetasi mulai berubah. Pohon-pohon tinggi mulai berkurang, sehingga pemandangan lebih jelas terlihat. Melewati pos tujuh, para pendaki akan menemui sebuah tanah lapang yang memiliki jalanan bercabang. Cabang ini mengarahkan para pendaki ke dua titik yang berbeda, yang satu menuju Puncak Rante Mario dan satunya lagi menuju Puncak Nenemori. Jika telah tiba di Puncak Rante Mario, para pendaki akan disuguhi pemandangan dari puncak-puncak lain yang menjadi bagian Pegunungan Latimojong. Sedangkan puncaknya sendiri ditandai dengan sebuah tugu triangulasi di tengah-tengah lahan yang cukup datar, bertuliskan Puncak Rante Mario.