Pendakian Gunung Lawu di Jawa Tengah

Pendakian Gunung Lawu di Jawa Tengah

Mendaki alam – Gunung Lawu merupakan kawasan pegunungan indah yang membatasi antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung yang terletak di ketinggian 3265 mdpl ini terletak di kawasan kabupaten Karanganyar dan berbatasan dengan Kabupaten Magelang pada sisi timur. Gunung Lawu sudah dinyatakan sebagai gunung berapi yang sudah tidak aktif dan terakhir meletus pada tahun 1885.

Kawasan gunung terdiri dari lereng-lereng yang masih mengeluarkan belerang. Kawasan Lawu terdiri dari kawasan hutan tropis dan sumber mata air yang sangat menguntungkan. Kawasan gunung Lawu menjadi salah satu tempat wisata di Karanganyar.

Gunung Lawu menjadi salah satu gunung yang banyak menjadi tujuan para pendaki dari berbagai daerah di Indonesia. Gunung Lawu terdiri dari beberapa jenis puncak yang dinamakan Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Ada tiga tempat yang menjadi titik awal pendakian yaitu Cemoro Kandung, Cemoro Sewu dan jalur dari Candi Cetho.

Jika Anda sekedar ingin menikmati udara sejuk dan tempat yang nyaman maka bisa mulai pendakian dari Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang. Setelah itu Anda bisa berjalan – jalan ke kebun stroberi, telaga sarangan, atau out bond di sekitar kawasan Tawangmangu.

Gunung Lawu juga sangat terkenal dengan udaranya yang dingin. Lebih dingin dari gunung-gunung lain yang ada di Pulau Jawa. Memang jarang mencapai angka minus, namun pada waktu-waktu tertentu pada musim kemarau udara di Gunung Lawu bisa mendekati 0 derajat Celcius. Dinginnya udara di Gunung Lawu bahkan sudah amat terasa saat kita berada di Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu.

Menurut orang-orang, Gunung Lawu termasuk salah satu gunung paling mistis di Indonesia. Memang, pada waktu-waktu tertentu gunung ini akan banyak dikunjungi oleh beberapa pendaki dengan keperluan tertentu yang berkaitan dengan klenik atau semacamnya.

Gunung Lawu memang misterius, dingin sekaligus menakjubkan. Entah sudah berapa banyak cerita yang tertulis dengan latar belakang gunung ini. Kalau kamu belum tahu banyak tentang Gunung Lawu, beberapa poin berikut ini mungkin akan memberikanmu tambahan wawasan.