Pendakian Gunung Lawu di Jawa Tengah

Pendakian Gunung Lawu di Jawa Tengah

Mendaki alam – Gunung Lawu merupakan gunung tertinggi nomor 3 di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.265 mdpl dan pemiliki posisi ke-76 gunung tertinggi di dunia. Gunung Lawu memiliki 3 puncak yakni Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah.

Gunung Lawu terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung lawu terletak di provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Karanganyar sekitar 1 jam dari arah kota Solo (Surakarta). Gunung ini terletak di perbatasan tiga kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah) , Kabupaten Ngawi (Jawa Timur), dan Kabupaten Magetan (Jawa Timur).

Gunung Lawu memang menjadi salah satu gunung yang sangat terkenal khususnya dikalangan para pendaki gunung. Gunung ini merupakan salah satu jenis gunung yang sudah tidak aktif lagi. Gunung ini terakhir kalinya meletus pada sekitar tahun 1985, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1985 menyebabkan hujan abu di sekitar wilayah provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Akibat sisa hasil letusanya tersebut, menjadikan wilayah ini menjadi sangat subur dan menciptakan berbagai macam objek destinasi wisata alam yang sangat menarik.

Meskipun berstatus sudah tidak aktif, puncak gunung ini masih memiliki kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air ( Funnarol ) dan belerang ( Solfatara ). Susunan dari Gunung Lawu mempunyai tiga bagian puncak yaitu Puncak Hargo Dalem, Puncak Hargo Dumiling, dan puncak yang paling tertinggi dari gunung ini adalah bernama Puncak Hargo Dumilah. Selain itu, kawasan Gunung ini juga mempunyai beberapa hutan yang terkenal yaitu Hutan Dipterokrap Bukit, Hutan Dekteropkap Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericacaous.

Pendakian Gunung Lawu di Jawa Tengah

Jalur Pendakian Gunung Lawu

Jika anda ingin melakukan pendakian ke Gunung Lawu berikut ini adalah jalur pendakian Gunung Lawu, yaitu :

  • Pendakian pertama anda harus memulainya dari Cemoro Sewu. Di tempat ini anda akan melewati dua mata air yaitu sedang Panguripan dan Sendang Drajad yang mana terletak di pos 1. Jalan yang harus anda lewati lebih bagus jika dibandingkan dengan melewati Cemoro Kandang.
  • Pos 2 anda akan melewati batu besar yang disebut watu iris dan anda akan ,melewati bangunan masjid yang ternyata adalah sebuah makam.
  • Di pos 3 menuju pos 4 terdapat jalan bertangga batu alam namun tracknya rumayan menantang.
  • Di pos 4 menuju 5 anda akan melewati jalan yang sudah bagus dan bisa berteduh di sini.
  • Beberapa kilometer kemudian anda sudah bisa tiba di puncak Gunung Lawu.