Pendakian Gunung Papandayan – Gunung Untuk Pendaki Pemula

Pendakian Gunung Papandayan - Gunung Untuk Pendaki Pemula

Mendaki alam – Gunung yang berada di Garut, Jawa Barat ini adalah salah satu gunung favorit untuk pendaki yang baru saja memulai pengalamannya taklukan gunung. Akses transportasi umum untuk menuju titik pendakian cukup mudah dan banyak.

Nama papandyan ini berasal dari cerita rakyat yang konon mendengar suara gaib pada saat melintasi gunung, terdengar suara seorang pandai besi yang seperti sedang mengolah besi menjadi perkakas, sehingga di sebutlah gunung pandai (pengrajin besi) papandayan.

Gunung Papandayan juga merupakan gunung yang mempunyai banyak kawah seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Selain itu di gunung ini juga terdapat lahan Edelweis luas yang dikenal dengan nama Tegal Alun. Tapi ingat, Bunga Edelweisnya jangan dipetik ya.

Pendakian Gunung Papandayan - Gunung Untuk Pendaki Pemula

Selain kawah dan padang bunga edeleweis tadi, Gunung Papandayan juga punya kawasan hutan mati yang ngehits karena tempatnya memang fotogenik dan pemandangannya keren. Jika anda mau taklukan gunung ini, sebaiknya bawa kamera yang mumpuni untuk mengambil pemandangan hutan mati.

Meski gunung ini dianggap cocok untuk pemula, namun jangan sampai meremehkan gunung ini karena gunung ini waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncaknya tidak sebentar. Anda memerlukan waktu sekitar 4 jam pendakian yang terletak di 2.665 mdpl melalui jalur trekking yang landai. Tetap persiapkan stamina dan perbekalan agar pendakian tetap aman.

Dilihat juga : 6 Tips Untuk Anda Dalam Pendakian Gunung Papandayan

Berikut beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan di Gunung Papandayan :

1. Explore Kawah

Kegiatan utama disini jelas untuk mengexplore kawah alami yang terbentuk akibat letusan gunung berapi namun yang berbeda di kawah ini wisatawan dapat menyaksikan kawah yang begitu besar menakjubkan secara dekat dan memudahkan untuk meneksplor kawah secara dekat.

2.Tracking & Advanture

Jelas karena ini merupakan gunung maka sangat cocok untuk tracking & Advanture yang jadi unggulan adalah wisatawan dapat memilih trak yang mudah untuk amatir namun bisa juga memilih yang memiliki tantangan untuk para expert.

3. Fotografi

Ini sangat memanjakan para pecinta gambar baik foto seflie hingga profesional, banyak sekali angle yang menakjubkan, bahkan untuk para pemburu sunrise dan sunset pun tersedia.

4. Berkermah

ini salah satu hal kegiatan utama yang dapat di lakukan oleh wisatawan yang paling menarik karena dapat menyaksiakan semua aktifitas yang ada di TWA kawah papandayan dari mulai pagi, siang hingga malam.

5. Famly Gathring

Tidak hanya untuk para pendaki namun tempat ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu Famlly Gathring karena sangat memenuhi fasilitas keluarga yang cukup komplit.

Fasilitas yang tersedia di Gunung Papandayan :

1. Gerbang utama

Pada saat masuk TWA Papandayan maka akan di sambut dengan Gerbang utama yang cukup besar sebagai pos utama temapta administrasi.

2. Tugu selamat datang

Beruapa tugu yang seakan menyambut selamat datang para wisatawan .

3. Shelter

Terminal yang sangat luas dapat menampung ratusan kendaraan.

4. Saung bambu

Tempat yang terbuat dari bambu sebagai tempat istrahat para wistan.

5. Masjid

Tempat Utama yang di sediakan untuk kenyamanan beribadah parawisatawan

6. Kantor informasi

Tempat Informasi yang di sediakan untuk parawisatawan.

7. Toilet

Tersedia toilet yang cukup banyak dari mulai Shelter hingga temapat camping.

8. Menara pandang

Fasilitas yang di sediakan secara gratis bagi para wisatawan untuk melihat dari atas dan juga untuk mengabadikan foto.

9. Kolam rendam

Sebuah fasilitas baru untuk parawistawan menikmati hangatnya air belerang asli yang bersumber dari kawah papandayan serta memiliki banyak khasiat.

10. Securyty 24 jam

Securuty yang siap siaga menjaga parawistawan selama 24 jam sehingga keamanan dan kenyamana parawisatwan terjamin.