Pendakian Gunung Rinjani di Lombok NTB

Pendakian Gunung Rinjani di Lombok NTB

Mendaki alam – Gunung Rinjani terletak di Nusa Tenggara Barat dan merupakan salah satu gunung tercantik di Indonesia, tepatnya di pulau Lombok. Gunung Rinjani terdaftar di bagian Lombok Timur, Lombok Barat dan Lombok Tengah. Gunung Rinjani menjadi salah satu incaran wisatawan asing karena masuk dalam salah satu tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi.

Gunung Rinjani berada dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani yang diabadikan sebagai gunung api tertinggi kedua di Indonesia. Karakter gunung Rinjani memiliki ketinggian sekitar 3.726 mdpl dengan jalur pendakian yang tergolong ringan hingga berat.

Jalur pendakian : Jalur pendakian yang paling sering digunakan adalah melewati jalur senaru. Jalur ini merupakan jalur daki yang sering digunakan oleh wisatawan asing dan dalam negeri hingga masyarakat asli Lombok. Pendakian dilakukan dengan berjalan kaki melewati Senaru, Pelawangan Senaru lalu Danau Segara Anakan. Sambil mendaki Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah termasuk hutan dan kawasan bebatuan.

Jika terasa lelah karena sepanjang jalur banyak disedikan beberapa pos untuk istirahat. Untuk mencapai puncak Anda membutuhkan waktu pendakian sekitar 10 hingga 12 jam. Setelah berhenti di Danau Segara Anakan untuk beristirahat hingga pukul 2 pagi maka Anda bisa menempuh perjalanan ke puncak Rinjani sekitar 4 jam. Pendakian tepat waktu bisa membuat Anda menikmati keindahan matahari terbit dari puncak Rinjani.

Jangan gensi untuk mengatakan istirahat kepada teman seperjalanan. Hal tersebut sangatlah penting untuk keberhasilanmu dalam pendakian. Jangan terlalu memaksakan diri karena kondisi fisik setiap orang berbeda-beda. Ketika istirahat di jalur pendakian minumlah secara rutin tapi tak terlalu banyak karena minum terlalu banyak akan membuatmu menjadi lebih cepat lelah.

Jangan istirahat terlalu lama karena akan membuatmu semakin malas untuk berjalan dan akan semakin terasa jauh. Ketika istirahat usahakan jangan terlalu sering duduk, biarkan metabolism aerobic yang mengatur kebutuhan energimu bekerja.