Pengalaman Mendaki Gunung Salju Cerro Standhardt Di Argentina

Cerro Standhardt - Argentina

Kami tiba di El Chalten, Patagonia, 2 minggu yang lalu dan itu adalah pengalaman nyata sejauh ini. Cuacanya benar-benar seburuk yang semua orang pikirkan – nyatanya, hujannya tidak terlalu deras, tetapi angin terus berembus. Jadikan kehidupan tenda sedikit bising ketika badai terjadi di luar. Tetapi beberapa hari kemudian, kami bangun dan mulai menyimpan base camp kami di kepala Morrain tepat di bawah Cerro Torre. Kami belum pernah melihat apa pun karena awan menyelimuti sebagian besar waktu Torres.

Setelah seminggu, jendela cuaca mengangkat kepala kami selama dua hari dan kami menuju perapian klasik Exocet di Cerro Standhardt. Karena kami tidak dapat melihat apa pun di pegunungan, kami memutuskan untuk pergi ke Exocet hanya untuk memberi kami sesuatu untuk mewujudkan pendakian ke Patagonia.

Berjalan ke base camp sangat menakjubkan ketika kami melihat Cerro Torre dari jauh dan saat kami terus menyelam dan keluar dari awan untuk sisa hari itu, kami harus duduk di bawah dan mengagumi apa yang terjadi. Itu luar biasa. Anda dapat dengan mudah terganggu oleh pandangan Torres dari lantai gletser, tetapi di sisi lain adalah Fitz Roy dan bagian atas satelit. tebing curam granit merah yang menjulang di atas.

Jam 2 pagi dan kami punya kurang dari setengah bulan. Torres di depan dan di atas kita bersinar merah sementara Fitz Roy massif melemparkan bayangan hitam di atas gletser. 1200 m mendekati salju yang sempurna dan beberapa foto membawa kami beberapa jam kemudian di Standhardt Pass. Di sini kita memiliki pandangan pertama dari lapisan es Patagonia yang mengesankan.

Bersiaplah dan kita lanjutkan dengan rasa pertama pendakian Patagonian kita. Kami akan mengambil balok pertama dan setelah beberapa nada yang tak terlupakan, kami memulai perjalanan panjang melalui lereng bersalju ke dasar cerobong interior yang sangat jelas yang membentuk perapian Exocet.

Hari itu, Exocet terbukti menjadi pilihan yang sangat populer karena jendela cuaca dan kami menemukan diri kami dikelilingi oleh pendaki gunung asli. Jenis pendaki yang telah menggabungkan teknik kekuatan Eropa dan kemampuan memanjat high-end dan kekuatan Amerika untuk menjadi bajingan yang sangat tangguh. Dibuat untuk pendaki gunung yang baik. Di depan kami, Colin Haley berjalan solo jalan, di belakang kami Bjørn-Eivind Årtun dan Robert (nama kedua?). Di jalan menuju Cerro Egger, Simon Anthamatten dan Michi Lerjen berada di pihak kami. Dikelilingi oleh tim yang kuat seperti itu, saya tidak bisa tidak merasa sedikit istimewa melihat mereka semua bekerja – Anda tidak dapat benar-benar memahami betapa ringan dan cepatnya orang-orang ini.

Daging dari rute ini dimulai di sini dengan tiga panjang es yang sangat panjang dan berkelanjutan yang berakhir dengan inti WI6. Saya tidak yakin itu WI6 tetapi lengan bawah saya meledak di ujung segalanya dan mendapatkan puncak puncak itu luar biasa.

Masih tidak ada angin dan hanya bagian campuran kecil dan penyeberangan salju yang akan membawa kita ke dasar jamur es Patagonia pertama kita. Jenis hal yang Anda lihat di majalah alpinist tetapi yang sekarang di hadapan kita, memalukan.

Jamur hanya mendapat peringkat WI3, jadi bagus dan mudah, tapi sangat bagus. Cerro Torre dan Egger merasa dekat dan topi es sejauh mata memandang. Kembali ke El Chlaten, kebalikannya adalah dengan vegetasi dan danau yang subur. Secara keseluruhan, ini adalah tempat yang bagus untuk hidup dan mungkin salah satu hal terbaik yang pernah saya alami untuk faktor wow.

Kami berada di jalur yang sangat baik setelah membuat jadwal pertama kami di Patagonia, Exocet, dan kami tidak sabar menunggu jendela cuaca kami berikutnya tiba. Butuh beberapa saat, tetapi sekitar 10 hari kemudian, jendela 24-jam yang sangat singkat terwujud dan kami menuju ke base camp kami. Rencana awal kami adalah mengarahkan Supercaneleta yang terkenal pada FitzRoy, tetapi ketika kami semakin dekat ke jendela cuaca, kondisi itu mulai memburuk dengan cepat dan kami menyadari bahwa Supercaneleta benar-benar tidak bermain. bahwa salju telah turun banyak pada hari-hari yang mendahuluinya dan sudah waktunya untuk Rencana B.

Keesokan harinya muncul dengan sempurna dan kami memiliki pemandangan luar biasa dari Torres di cahaya pagi dari atas lembah. Para fotografer bermimpi.

Pekerjaan keras di ujung lembah sangat besar. Hujan salju baru benar-benar melambat kami dan ketika kami mendekati awal pendakian, hampir mustahil untuk menyeberanginya. Namun demikian, enam setengah jam kemudian, pendekatan itu berakhir. Di atas kami, jalan berubah dan dia tampak hebat.

Pada saat itu, angin mulai naik dan puncak di sekitar kami jatuh ke angin barat yang kuat, yang tidak diharapkan untuk kembali hingga akhir hari. Sadar akan hal ini, kami menuju ke kedalaman pendakian dengan mata kami mengamati langit di sekitar kami untuk melihat massa awan yang tak terelakkan yang akan mulai mengalir di gunung kami dari lapisan es. Untungnya, di “cerobong” besar yang membentuk daging pendakian, kami terlindungi dengan baik dari angin dan matahari di belakang kami, kami memulai bagian yang menyenangkan.

Pitch pertama benar-benar bagus, mendaki gratis dengan peralatan bomber dan kait dan kaki yang hebat. Ini benar-benar klasik gaya rock Chamonix dengan beberapa gerakan kecil yang menyenangkan tapi tidak pernah terlalu sulit. Pemanasan pertama yang baik Pengaturannya sangat menakjubkan dengan Fitz Roy dan Supercaneleta yang mengagumkan di punggung kami. Tempat yang benar-benar luar biasa, dibuat bahkan lebih istimewa oleh fakta bahwa kami tahu betapa sedikit orang telah berkelana di sini.

Pitch kedua adalah peluncuran bantuan. Dua retakan halus melintasi dinding granit vertikal di atas, yang memungkinkan untuk menempatkan mesin dengan baik dan mendapatkan langkah bantuan cukup cepat. Waktunya masih naik, yang luar biasa, jadi kami melanjutkan.

Pitch ketiga adalah hotspot Skotlandia Skotlandia 7 untuk beberapa tembakan di atas. Dengan memulai gerakan yang agak sulit, Anda menemukan diri Anda berada di kedalaman cerobong yang membusuk dengan lapisan tipis es di salah satu dinding di bagian atas. Gerakan-gerakan penting ditransfer ke es di mana kaki tiba-tiba keluar dan Anda berakhir di es yang sangat tipis di daerah yang sangat sempit.

Angin bertiup di atas puncak tepat di atas kepala kami dan ketika kami melintasi 60m di atas es horisontal, topi es mulai muncul dan kita bisa melihat lautan besar awan bergulir. Mereka sudah mulai membuang Standhardt Pass tidak terlalu jauh dari kami … jadi kami memakai sepatu kami.

Di sekitar kita ada potensi puncak, tetapi tidak ada kesepakatan umum tentang hal ini, karena mereka semua memiliki ketinggian yang sama (sekitar 20 m di atas puncak puncak).

Kami telah membaca bahwa pendakian gunung yang sebenarnya pertama adalah melalui jamur salju. Jadi kami memanjat satu-satunya jamur salju yang bisa kami lihat, mengingat awan menutupi kami. Lebih banyak inspeksi, sepertinya ini bukan yang tertinggi dari yang diusulkan, jadi saya tidak yakin bahwa kami secara teknis mencapai puncak tetapi dengan berlalunya waktu, kami tidak punya waktu untuk mendaki mereka. semua.

Foto-foto cepat dari puncak dan kami memasang abalakov pertama. Saat itulah cuaca pecah. Ini adalah sesuatu di Skotlandia dan mengeluh tentang cuaca dan angin, tetapi ketika ada angin di Patagonia, Anda harus menjalaninya untuk mempercayainya. Kemudian kita harus menambahkan fakta bahwa kita berada di ujung Lembah Torres dan bahwa kita butuh waktu setengah enam untuk sampai ke kaki pendakian. Kami masih harus memukul benda itu dan keluar dalam apa yang dengan cepat terlihat seperti putih total, oh dan tentu saja kami tidak tahu apakah itu akan menjadi 5 hari lagi cuaca buruk atau hanya badai singkat.

Bagaimanapun, rap itu berjalan dengan baik dan kami tidak punya masalah, yang merupakan anugerah nyata. Dua raps di atas semak dan saya berhasil merobek bagian hidung saya dengan hook abalakov. Menyenangkan.

Sungguh sangat disayangkan di daerah itu. Angin bertiup di sekeliling kami dan aku masih berdarah di mana-mana. Semua hujan salju segar dari hari-hari sebelumnya dikombinasikan dengan angin berarti kami hampir tidak bisa melihat semua salju di udara. Ini bisa menjadi perhatian utama mengingat bahwa kilometer berikutnya gletser yang terlibat jejak yang sangat terancam dengan serac – cukup menakjubkan meskipun kita hanya bisa membedakan jalur yang sangat lemah yang telah kita atur hari itu dan kita kami mulai menguranginya. Pada saat kami mencapai puncak Manusia Duduk, kami tampaknya berada dalam kondisi terburuk dan beberapa jam kemudian, kami tiba di base camp.

Secara keseluruhan, itu adalah hari yang luar biasa dan kami sangat senang. Ternyata Plan B kami sedikit lebih keras dan lebih lama dari yang diperkirakan, tetapi sangat bagus untuk pergi ke tempat yang tidak dikenal seperti ini dan membuat jadwal Patagonian kedua kami. Kami meninggalkan Minggu tetapi tampaknya ada kesempatan lain untuk pergi pada hari Jumat, semoga saja.