Spot Pendakian Gunung Pulosari di Banten

Spot Pendakian Gunung Pulosari di Banten

Mendaki alam – Gunung Pulosari adalah sebuah gunung mungil yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten, bisa dibilang Gunung Pulosari adalah gunung paling populer di Banten karena selain tidak terlalu tinggi, pemandangan yang ditawarkan juga cukup indah.

Gunung Pulosari sendiri memiliki ketinggian 1346 Mdpl, walaupun tingginya yang tidak melebihi Gunung Andong di Magelang, namun jalur pendakian di Gunung Pulosari cukup menguras tenaga.

Bagi masyarakat sekitar, Gunung Pulosari adalah gunung yang penuh misteri karena ditemukan banyak arca dan situs-situs kuno disekitar kawasan gunung. Di Museum Nasional Indonesia di Jakarta terdapat sejumlah arca yang disebut “arca Caringin” karena pernah menjadi hiasan kebun asisten-resisten Belanda di tempat tersebut. Arca tersebut dilaporkan ditemukan di Cipanas, dekat kawah Gunung Pulosari.

Spot Pendakian Gunung Pulosari di Banten

Rata-rata waktu pendakian di Gunung Pulosari sekitar 3 jam, tergantung kecepatan kita dalam berjalan, terutama ketika dari kawah menuju puncak, disini terdapat dua jalur yang bisa kita pilih. Pertama dengan mendaki melalui jalur Vertikal dengan kemiringan hampir 70 derajat namun hanya memakan waktu kurang lebih 45 menit saja, atau memutari punggung gunung tapi memakan waktu lebih lama, yaitu sekitar 1 jam lebih.

Menurut pengalaman para pendaki yang sudah mendaki di Gunung Pulosari, meskipun tingginya hanya 1346 Mdpl, namun jalur pendakiannya nyaris seperti jalur Gunung Cikuray dan Gunung Gede via Putri. Di Gunung Pulosari juga terdapat sebuah air terjun bernama Curug Putri yang dijadikan sebagai tempat wisata, lokasi Curug Putri setelah kita melewati Pos 1, biasanya para pendaki lebih memilih berlama-lama disini untuk bersantai.

Selain itu, di jalur pendakian gunung pulosari juga terdapat warung di Basecamp dan Kawah, namun untuk warung di area kawah biasanya memiliki harga yang cukup mahal.

Tips Mendaki di Gunung Pulosari Banten :

  • Waktu terbaik untuk mendaki di Gunung Pulosari adalah saat musim kemarau, karena saat musim hujan jalur akan sangat licin. Sumber air yang jernih adalah di Curug Putri, selain itu biasanya keruh karena ulah para pendaki nakal.
  • Lokasi camp terbaik adalah di Kawah.
  • Di Kawah terdapat warung dan kamar mandi, jadi kamu tidak perlu kawatir buang air sembarangan.
  • Disarankan utnuk melatih fisik seminggu sebelum mendaki, karena walaupun tidak terlalu tinggi tapi Gunung Pulosari memiliki jalur yang cukup susah.