Wisata Alam Gunung di Gunung Malabar

Wisata Alam Gunung di Gunung Malabar

Mendaki alam – Gunung Malabar merupakan nama sebuah pegunungan yang  di Bandung yang terdiri dari beberapa  gunung kecil didalamnya seperti Gunung wayang, Gunung Haruman, Gunung batu dan Gunung puntang. Dari lokasi Bumi Perkemahan Banjaran terdapat 2 jalur pendakian untuk mendaki gunung puntang dan gunung haruman. Puncak gunung puntang di sebut puncak mega dengan ketinggian sekitar 2.220 Mdpl.

Untuk menuju ke puncak mega di butuhkan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Untuk mencapai puncak ini pendaki dapat memakai 2 jalur umum. Pendaki dapat memakai jalur biasa yang lebih datar atau menggunakan jalur VIP yang lebih cepat dan menanjak. Ke 2 jalur pendakian ini berakar dari sekitar kawasan ini.

Sedangkan untuk mencapai puncak besar di butuhkan waktu sekitar 6-7 jam melalui jalur yang berbeda lagi. Dahulu kala pendaki bisa mencapai puncak besar setelah melewati puncak mega. Namun bukit yang menghubungkan ke dua puncak tersebut telah longsor dan jalur pun terputus sehingga harus menggunakan jalur lain untuk mencapai puncak besar

Transportasi

Semarang – Bandung – Banjaran – Bumi perkemahan Banjaran. Setelah sampai di banjaran pendaki harus mengambil jalan yang mengarah ke palutungan. Kemudian setelah melaju sekitar 15 menit pendaki harus berbelok ke kiri mengikuti jalan yang menanjak ke arah bumi perkemahan banjaran.

Informasi

1. Basecamp

Di sini pendaki dapat bermalam di basecamp PGPI (persatuan Gunung Puntang Indonesia) yang biasanya memang di gunakan pendaki untuk menginap. Basecamp ini terletak sekitar 50 meter di kanan jalan sebelum pintu masuk bumi perkemahan. Basecamp ini biasanya di jaga oleh bang iwan
gembel.

2. Registrasi Free

3. Waktu Tempuh 3 – 4  jam perjalanan

4. Mata air

Tidak ada mata air sepanjang perjalanan ke puncak

Pendakian

Basecamp – Puncak Batu kareta

Untuk menuju ke puncak mega di butuhkan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Untuk mencapai puncak ini pendaki dapat memakai 2 jalur umum. Pendaki dapat memakai jalur biasa yang lebih datar atau menggunakan jalur VIP yang lebih cepat dan menanjak. Ke 2 jalur pendakian ini berakar dari sekitar kawasan ini. Sebaiknya pendaki banyak banyak bertanya pada Orang orang basecamp PGPI.

Ketika Perjalanan menuju puncak batu kareta pendaki akan banyak menemui percabangan jalur di tengah hutan lamtoro. Setelah itu pendaki akan memasuki hutan yang cukup lebat hingga puncak batu kareta. Puncak batu kareta adalah sebuah puncak bukit yang mana terdapat banyak batuan besar di sekitarnya. Di jalur ini tidak terdapat sedikitpun petunjuk sehingga para pendaki harus mengira ngira sendiri keberadaan puncak batu kareta. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 60 – 90 menit.

Beberapa menit dari puncak batu kareta pendaki akan mulai keluar dari hutan dan melewati kawasan yang cukup terbuka. Jalur yang dilalui cukup extreme karena jalur sangat sempit dan terletak di ujung punggungan bukit. Setelah berjalan sekitar 60 – 90 menit maka pendaki akan sampai di puncak gunung puntang. Di puncak ini terdapat sebuah bangunan yang dahulu di gunakan sebagai pemancar radio. Dari sini terlihat puncak haruman di seberang yang terlihat sunyi. Pendaki dapat melihat 2 air terjun yang mengucur di gunung haruman.